Informasi Terkini tentang Hari Santri Nasional

Tahun 2015 lalu, Presiden Jokowi telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Dan tahun 2016 ini, menurut informasi terkini, puncak Hari Santri Nasional akan diadakan pembacaan shalawat nariyah sebanyak 1 milyar.

Mungkin banyak yang penasaran kenapa Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober? Informasi terkini menyebutkan bahwa hal ini tak lain karena tanggal ini berkaitan erat dengan perjuangan para santri kala membantu bangsa Indonesia berjuang melawan penjajah dan mempertahankan tanah air Indonesia.

Pada 22 Oktober 1945, KH. Hasyim Asy’ari mencetuskan resolusi jihad dengan seruan bahwa membela tanah air dari tangan penjajah hukumnya adalah fardlu ain untuk setiap individu masyarakat, termasuk juga para santri.

Seruan ini memang dikobarkan oleh Hadratussyaik KH. Hasyim Asyari agar semangat para santri semakin tinggi untuk menyerang para penjajah. Adanya peristiwa 22 Oktober ini menunjukkan bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia tak bisa lepas dari perjuangan serta dukungan para santri dan ulama. Tak hanya tentara yang ikut berperang, akan tetapi para santri pun ikut mengangkat senjata menghadapi para penjajah.  Karena peristiwa sejarah inilah akhirnya tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional.

Untuk peringatan Hari Santri Nasional tahun 2016 ini direncanakan pembacaan shalawat nariyah sebanyak 1 milyar. Shalawat Nariyah merupakan salah satu dari sekian banyak sholawat yang mempunyai keutamaan atau faedah. Selain itu, dengan membaca sholawat maka juga menunjukkan bukti cinta kepada Rasulullah. Sholawat Nariyah juga menjadi pintu pembuka rezeki.

Oleh karena itu, tentunya tak salah jika PBNU mengajak seluruh warga NU atau Nahdliyin untuk ikut mengumandangkan shalawat nariyah sebanyak 1 milyar kali. Sholawat nariyah sebanyak 1 milyar ini menjadi tanda bakti para santri untuk Indonesia yang mana juga menjadi ungkapan rasa syukur atas ditetapkannya Hari Santri Nasional pada 22 Oktober.

Baca Juga: GAYA TERKINI LAUDYA CHYNTHIA BELLA

Bakti para santri begitu besar bagi bangsa Indonesia, dan diharapkan masyarakat secara luas dapat meneladani perjuangan para santri yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia serta agar bangsa Indonesia dapat menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perjuangan.

Adanya 1 milyar sholawat Nariyah ini juga dengan harapan agar bangsa Indonesia menjadi negara yang aman, tertib, sentosa dan menjadi negara  yang baldatun tayyibatun wa robbun ghofur.

Nilai teladan dari para santri dalam perjuangan bangsa Indonesia ini memang menjadi momentum yang dapat memperkuat kontribusi sejati serta jati diri kaum muslim bangsa Indonesia dari berbagai macam latar belakang, seperti sosial, ekonomi, pendidikan, serta moral-spiritual.

Informasi terkini mengenai diperingatinya Hari Santri Nasional ini, maka diharapkan semangat kebangsaan serta nonsektarianisme harus terus didorong agar bangunan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia tidak rusak oleh gejala primordialisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *