Gaya Hidup Kaum Urban

Saat ini kaum urban menjadi salah satu bagian masyarakat dengan gaya hidup kekinian dan up todate. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa urban mempunyai dua makna, yakni, orang desa yang pindah ke kota, dan arti kedua adalah segala sesuatu yang berhubungan atau bersifat kekotaan.

Jika dihubungkan dengan  gaya hidup, maka kaum urban adalah bagian dari masyarakat yang kiblat kehidupannya mengarah pada masyarakat modern di perkotaan.  Ada beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat untuk mengetahui gaya kaum  urban, yaitu:

Terbuka dengan Pengaruh Budaya Baru

Masyarakat urban biasanya memiliki keterbukaan pemikiran terhadap budaya baru yang datang, cara berpikirnya pun tidak sempit dan kolot, melainkan modern dan terbuka.

Cenderung Hidup Individualis

Kaum urban biasanya memiliki orientasi pragmatis dalam hidupnya, sehingga ia akan melakukan sesuatu berdasarkan keuntungan yang didapatkannya. Masyarakat urban terbilang terlalu sibuk mengejar hal-hal yang ia inginkan sehingga hidupnya cenderung individualistik.

Bergaya Hedonis

Tuntutan hidup yang besar untuk selalu tampil kekinian pun membuat kaum urban cenderung lebih mengejar materi dalam hidupnya dan bergaya hedonis dalam kesehariannya agar selalu terlihat modern dan kekinian. Bahkan tanpa disadari, kaum urban telah terjebak pada budaya ingin tampil kekinian meski dengan modal pas-pasan hanya demi tujuan agar diterima dalam suatu lingkaran pertemanan.

Melek Internet

Kaum urban tak hanya ada di kota-kota besar saja seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung saja, akan tetapi kini juga telah merambah ke kota-kota kecil di sekitarnya. Apalagi saat ini internet sudah merambah hingga pelosok desa, sehingga banyak orang yang sudah melek internet dan gaya kehidupannya pun mulai berkiblat ke kota.

Baca Juga: TREND LIFESTYLE TAHUN 2016 DI INDONESIA

Gemar Nongkrong di Tempat Hits

Salah satu aktifitas yang banyak dilakukan kaum urban adalah nongkrong. Nongkrong di sini bukan sekadar nongkrong di pos ronda atau teras rumah tetangga. Nongrong untuk kaum urban adalah di Mall, cafe, restoran, dan tempat-tempat lainnya yang terbilang hits dan kekinian. Kaum urban pun seringkali memamerkan  tempat-tempat yang didatangi di media sosial agar dibilang modern oleh orang lain.

Melakukan Hal-Hal yang Sedang Tren

Kaum urban juga dikenal dengan sikapnya yang tak ingin ketinggalan zaman, sehingga selalu melakukan hal-hal yang sedang tren, misalnya apabila travelling sedang tren, maka kaum urban akan pergi travelling, apabila tren bersepeda, kaum urban juga akan bersepeda, begitu juga ketika ada tren kegiatan fun run dengan berlari beberapa kilometer, maka kaum urban juga akan melakukannya. Begitu juga jika ada tren-tren baru, maka kaum urban akan melakukannya.

Itulah  beberapa ciri dari gaya hidup yang dilakukan oleh kaum urban dalam kesehariannya. kaum urban selalu ingin tampil kekinian, modern, dan tak ingin ketinggalan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *