Cara Mudah Menulis Berita Terkini

gayahidupmu.com-berita terkiniBerita merupakan kabar atau informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di suatu tempat. Berita, dalam bahasa Inggris diistilahkan sebagai news, karena umumnya setiap berita harus memiliki kebaruan informasi sehingga berguna bagi masyarakat. Seiring perkembangan teknologi, mendapatkan informasi kini semakin mudah. Adanya tekmologi internet memungkinkan kita mendapatkan informasi dari tempat-tempat yang jauh dengan cepat. Adanya berita yang cepat tersebut tidak dilepaskan oleh peran penulis berita atau wartawan. Para penulis berita memiliki tugas menyampaikan informasi atau berita yang diperolehnya melalui tulisan sehingga tulisan tersebut dapat dibaca oleh publik yang disebarkan melalui media. Bagi orang-orang yang tidak berprofesi sebagai wartawan, menyampaikan berita tetap dapat dilakukan secara independen asal menguasai ilmu menulis berita. Berikut ini adalah kiat-kiat atau cara mudah menulis berita terkini untuk penulis pemula.

  • Rumus Dasar Menulis Berita

Setiap penulis berita harus memahami istilah 5W1H, yaitu enam hal yang harus selalu ada dan tercantum dalam setiap berita yang ditulisnya. 5W1H merupakan akronim dari istilah: what (apa yang sedang terjadi), who (siapa, subjek dan objek suatu peristiwa), where (di mana tempat kejadian peristiwa tersebut), when (kapan waktu kejadiannya), why (kenapa peristiwa itu bisa terjadi), dan terakhir how (bagaimana kronologis kejadiannya). Istilah 5W1H tersebut merupakan konten yang wajib ada dalam setiap berita terkini yang ditulis. Keenam hal tersebut merupakan pertanyaan mendasar yang harus dijawab atau tertera di dalam berita. Para pembaca membutuhkan informasi yang lengkap, sehingga jika ada satu saja dari enam hal tersebut yang tidak tercantum dalam tulisan, maka pembaca akan bertanya-tanya dan kecewa karena informasi yang diperolehnya tidak mampu menjawab pertanyaannya.

Baca juga: BERITA GAYA HIDUP YANG BAIK DAN BERMANFAAT BAGI REMAJA

  • Mencantumkan Nara Sumber

Berita yang dapat dipercaya adalah berita yang mencantumkan keterangan nara sumber. Nara sumber merupakan orang yang menjadi sumber berita, tempat wartawan atau penulis bertanya tentang suatu peristiwa. Tanpa adanya seorang nara sumber, sebuah berita dapat diragukan keabsahannya. Nara sumber juga merupakan tempat kita melakukan klarifikasi tentang kebenaran sebuah peristiwa yang akan diberitakan. Nama nara sumber biasanya disebutkan dengan jelas dalam konten berita. Namun dalam beberapa kasus, ada beberata nara sumber yang tidak ingin namanya disebutkan. Sebagai penulis berita yang bertanggung jawab, kita harus menghargai nara sumber tersebut jika tidak ingin namanya dicantumkan dalam berita.

  • Ditulis dengan Bahasa Lugas dan Jernih

Pembaca berita memiliki kecenderungan ingin mendapatkan informasi sejernih mungkin dan sejelas mungkin. Sebagai penulis berita, kita harus bisa menulis to the point, tidak berbelit-belit, dan yang penting ditulis dengan bahasa yang baik sehingga dapat dipahami oleh pembaca awam.

Itulah beberapa kiat menulis berita terkini dengan mudah. Sebagai penulis, kita harus bertanggung jawab atas setiap kata yang kita tuangkan dalam tulisan, sehingga haram hukumnya kita menulis berita bohong atau salah mengutip perkataan nara sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *