4 Info Gaya Hidup Sehat Rasulullah SAW

gayahidupmu-com-info-gaya-hidup

Setiap agama selalu dianjurkan untuk hidup sehat dan teratur. Termasuk untuk umat muslim sendiri. Yang disarankan menjalani hidup sebagaimana Rasulullah SAW, lakukan.  Pola hidup sehat telah diajarkan dan dituntun oleh Rasulullah SAW semasa beliau hidup. banyak hadits dan ayat-ayat Al-Quran yang telah mencatat dan mengabadikan bagaimana Rasulullah SAW. menjaga kesehatannya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Info gaya hidup sehat Rasulullah SAW. ini semoga bisa menjadi rujukan awal, untuk Anda sekalian, khususnya kamu muslim untuk menjalankan pola hidup sehat ala Rasul.

Berikut 4 info gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW.

1.Makan menggunakan tangan kanan

Ya Rasulullah SAW, selalu menggunakan tangan kanannya kalau hendak makan. Dan ini termasuk sunnah bagi kaum muslim. Rasulullah  SAW. selalu mendahulukan tangan kanannya dalam setiap urusannya. Termasuk saat makan dan minum. Sebagaimana diceritakan oleh sahabat Umar bin Abi Salamah radhiallahu’anhuma: Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari (saat mengambil makanan) di nampan. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadaku: “wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2.Makan sebelum lapar

Rasulullah selalu menekankan semasa hidupnya, makan sebelum lapar melanda. Hal ini bagus untuk menjaga perut agar tidak terjadinya sakit maag. Hal ini berarti seseorang diharuskan untuk makan tidak secara berlebihan. Dan berhenti makan sebelum kenyang. Agar tubuh tidak gampang terserang kantuk maupun malas.

Baca juga: CARA MUDAH MEMULAI GAYA HIDUP SEHAT

3.Tidur miring kanan

Rasulullah SAW. kalau hendak tidur beliau selalu memposisikan tubuhnya ke arah kanan. Dan ternyata dalam kaca mata medis, di dalam suatu penelitiannya. Mengatakan kalau tidur miring ke kanan, baik untuk jantung. Dalam posisi tidur miring ke kanan ini jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran kecil dan posisi tidur miring ke kanan juga baik buat pencernaan. ‘Azib ra : Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4.Puasa
Baru-baru ini para pemikir kesehatan di dunia, mengatakan kalau puasa adalah penemuan terbesar dalam dunia medis. Karena saat seorang berpuasa, kadar tubuh seseorang terjaga dari segala macam penyakit dan ini baik untuk kesehatan jangka panjang. Di samping itu, menjalankan ibadah puasa seperti yang dijalankan oleh Rasulullah SAW. semasa hidupnya, juga baik mengontrol jumlah asupan minuman dan makanan, yang masuk ke dalam tubuh. Pola makanan terjaga. Tidak berlebih. Puasa adalah alternatif yang paling ampuh jika seseorang ingin menjaga kesehatannya dari segala macam penyakit lahir maupun batin. Jadikanlah info gaya hidup ala Rasulullah SAW. ini menjadi panutan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *