4 Prinsip Gaya Hidup Hemat Saat Lebaran Haji Tiba

Pernahkah Anda merasa bahwa datangnya hari raya Idul Adha atau Lebaran Haji membuat kantong semakin bolong. Nyatanya hampir semua orang mengalami hal ini. Sudah menjadi tradisi memang bahwa pengeluaran akan meningkat hingga 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya. Mulai dari tradisi beli baju, siap hidangan di ruang tamu hingga makanan-makanan berat. Ditambah kenyataan harga pasar juga akan meningkat dengan drastis pada saat Lebaran Haji tiba. Namun sebenarnya hal ini disiasati dengan gaya hidup yang tepat.

Masa-masa Lebaran Haji memang harus menyiapkan dana ekstra dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. paling tidak Anda harus mulai menabung dari 3 bulan sebelumnya agar tak merasa rugi besar masalah pengeluaran. Pada dasarnya sebenarnya hal ini tak hanya disebabkan karena jumlah kebutuhan yang terlalu besar, melainkan juga gaya hidup Anda yang semakin boros, membeli baju Lebaran Haji dalam jumlah yang banyak. Persiapan juga harus baru hingga beberapa lakukan rental mobil agar terlihat kaya saat pulang ke kampung halaman.

Baca Juga: INFO GAYA HIDUP TANPA KELUAR BANYAK UANG

Untuk menghindari kerugian yang cukup besar setelah Lebaran Haji, maka sebaiknya lakukan beberapa hal ini, yaitu:

  1. Jangan termakan oleh diskon, berbagai pusat perbelanjaan ternama akan menghadirkan koleksi terbaru mereka saat Lebaran Haji tiba, mulai dari baju, jilbab, sepatu. Semuanya ada dengan tawaran harga diskon. Tetapi juga harus Anda ketahui bahwa sebenarnya ini hanyalah strategi marketing untuk tingkatkan penjualan mereka. Ingat bahwa jenis kebutuhan yang harus Anda persiapkan masih banyak lagi, jadi diminimalisir saat ingin membeli pakaian.
  2. Buat kue Lebaran Haji sendiri, satu toples nastar dengan berat 500 gram bisa dijual dengan harga 35 ribu rupiah, padahal dengan membuat sendiri Anda bisa mendapatkan dalam jumlah banyak dengan biaya yang jauh lebih minim. Bahkan jika banyak anggota keluarga yang lainnya pada saat pembuatan bisa iuran sehingga kenanya jauh lebih murah. Jika memang bisa tak ada salahnya membuat kue tersebut sendiri, selain hemat juga jauh lebih sehat karena bahannya terjamin kualitasnya.
  3. Membuat makanan secukupnya, banyak sekali ibu rumah tangga yang berlebihan jika menyangkut hidangan di hari Lebaran Haji. Mereka beranggapan dengan banyak saudara maka jumlah yang dimasak juga harus banyak. Namun kenyataannya porsi yang dimakan setiap orang akan kecil, karena dibatasi dengan kemampuan perutnya, apalagi jika sudah makan berkali-kali. Dari pada sayang dibuang nantinya. Akan jauh lebih baik membuat secukupnya saja.
  4. Lebih baik mudik mengandalkan kendaraan umum, kebiasaan lain bagi masyarakat kampung adalah merental mobil agar terlihat mewah saat dibawa pulang, padahal biayanya bisa sampai jutaan untuk beberapa hari. Lebih baik naik transportasi umum saja karena jauh lebih aman dan murah.

Perubahan gaya hidup tersebut akan membuat keuangan Anda tetap terjaga saat Lebaran Haji tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *