Tips Gaya Hidup Sehat Saat Lebaran Haji Tiba

Lebaran Haji memang identik dengan beragam kebahagiaan, para keluarga yang merantau ke kota yang jauh akan pulang untuk bersilaturahmi. Hidangan lezat hingga beragam jenis makanan yang tinggi kadar gulanya akan tersaji di meja. Tinggal makan saja tanpa harus membayar. Namun kebahagiaan ini ternyata juga memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Karena terkadang seminggu pasca Lebaran Haji beragam jenis penyakit akan sangat rentan menyerang manusia, mulai dari meningkatnya kadar gula darah hingga pertambahan berat badan. Sebelum hal itu terjadi maka wajib tahu tips gaya hidup sehat terlebih dahulu.

Bukan hal yang mustahil dengan banyaknya sajian yang menggugah selera di meja makan mulai dari kue kering, kemudian juga makanan berdaging yang kaya akan kandungan lemak, menyebabkan tubuh mudah sekali drop. Untuk itu jangan berlebihan dalam konsumsinya. Ingat bahwa kandungan gula yang ada dalam makanan ringan seperti kue sangat tinggi, apalagi diimbangi dengan sesuatu yang berlemak, gejala awal yang nantinya sudah pasti Anda rasakan adalah panas dalam.

Baca Juga: MENGENAL GAYA HIDUP MODERN SAAT INI

Saat Lebaran Haji tiba tak ada salahnya menyimak tips gaya hidup sehat berikut ini, yaitu:

  1. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan bersantan, santan memang menjadi bahan makanan yang sangat populer di kala Lebaran Haji tiba. Apalagi ketupat tanpa dihidangkan dengan makanan yang satu ini memang terasa kurang lengkap. Pada dasarnya sendiri kandungan kolesterol yang ada di dalamnya cukup sehat, namun jika dalam proses memasak ditambah dengan daging akan berubah jadi kolesterol jahat, untuk itu sebaiknya Anda kurang porsi santapannya.
  2. Pastikan untuk mengkonsumsi sayur dan ngemil buah-buahan. Jenis bahan makanan yang dapat dijadikan sebagai penetralisir tingginya kadar lemak yang ada dalam tubuh adalah sayur dan buah-buahan tersebut. Mereka juga sangat bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh, jadi Anda tak perlu takut mengalami masalah sembelit.
  3. Perhatikan porsi yang Anda makan, umumnya Lebaran Haji identik makan berpindah-pindah tempat, dari satu rumah ke rumah keluarga yang lainnya, nah agar tak sampai sakit perut sebaiknya gunakan piring kecil, kurangi porsi yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Atur jadwalnya, selain porsi juga wajib untuk mengatur jadwal secara tepat, hal ini dimaksudkan agar tubuh juga dapat mencernanya secara sempurna sebelum memasukkan makanan yang lainnya.
  5. Minum air secukupnya, air putih adalah bahan terbaik untuk larutkan makanan dalam tubuh, manfaatnya juga bisa menetralisir senyawa berbahaya dalam tubuh Anda.
  6. Tetap lakukan olahraga, olahraga adalah bagian paling penting yang akan menyempurnakan kesehatan Anda saat Lebaran Haji tiba. Tak perlu berat, lakukan saja aktifitas fisik yang ringan namun efektif bakar kalori seperti jalan kaki.

Terapkan semua tips gaya hidup sehat tersebut agar terhindar dari penyakit musiman di kala Lebaran Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *