Mengambil Nilai Positif Dari Trend Lifestyle

trend lifestyle

Dunia modern atau dunia global selalu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengenal lebih banyak informasi-informasi yang masuk dari barat. Dari gaya penampilan, gaya bertutur, sampai gaya beradaptasi semuanya bisa diserap dengan mudah saat ini dengan adanya internet atau media sosial. Sekat pembatas menjadi tidak ada antara nilai dan etika. Semua masuk beriringan menjadi gaya hidup masa kini. Trend lifestyle atau gaya hidup yang berkembang seiring arus zaman. Memberikan pengaruh yang cukup berpengaruh bagi perkembangan dunia. Termasuk nilai-nilai positif yang ada di dalamnya

Walaupun trend lifestyle kadang dipandang negatif bagi kebanyakan orang karena mengadopsi kaum barat, sisi positif nya juga ada.  Menurut beberapa pakar sosiologis, berkembangannya segala trend dari segala aspek penampilan, etika, cara pandang, sampai cara berfikir bisa kita ambil nilai positifnya.

Hal pertama adalah lebih terbukanya arus informasi atau arus ilmu pengetahuan yang kemudian memunculkan persepsi baru bagi perkembangan dunia

Hal kedua adalah lebih banyaknya teknologi yang berkembang dari pola gaya hidup modern. Gaya hidup kekinian selalu memungkinkan inovatif-inovatif terbaru dari teknologi juga berkembang terus menerus

Hal ketiga adalah terjadinya pertemuan dua budaya yang saling terjalin. Barat dan timur. Tapi jangan sampai kita tergerus pada konsep yang ditawarkan barat secara mentah-mentah.Dipelajari terlebih dulu baik atau buruknya.

Hal keempat adalah pembaharuan di setiap aspek dalam bidang fashion, teknologi, hiburan, dan seni. Yang bisa membuat masyarakat menjadi terhibur di sela waktu padatnya karena pekerjaan yang menumpuk. Bisa juga menghilangkan stress ringan dan kejenuhan.

Hal kelima adalah terbentuknya identitas kita yang sesungguhnya dalam mempertahankan nilai-nilai leluhur. Menjaganya dengan trend yang kita ciptakan sendiri adalah cara lain untuk tidak terpengaruh secara berlebihan terhadap arus trend lifestyle di dunia.

Pola tingkah kehidupan sebagian manusia di dalam lingkungannya juga akan membentuk karakter dirinya. dari tingkah laku sehari-hari sampai pola berfikir. Saling mempengaruhi. Seperti halnya dua kutub yang sama. Pola hidup modern adalah tuntutan zaman. Kita tidak bisa menghindarinya. Hanya bisa menerima atau menolak hal tersebut. Dengan kadar ilmu pengetahuan yang kita miliki. Tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang selama ini kita hidup di dalamnya. Ambil yang positifnya yang bisa memberikan dampak kehidupan yang lebih baik. Jangan beri kesempatan pada gaya hidup modern yang negatif. Karena akan membuat anda masuk dalam jaring-jaring kehancuran. Jangan ikuti pola hidup hedonistik yang berkembang teriring dengan gaya hidup masa kini. Tidak ada manfaatnya maupun faedahnya. Semua tergantung pada anda. Jika ingin hidup anda berkualitas dan produktif. Lakukan sesuatunya dengan sangat amat dipikirkan secara matang, ideal dan wajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *