Pentingnya Sarapan Sebagai Penunjang Gaya Hidup Sehat

sarapan

Sebenarnya gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan sangat sederhana, salah satunya dengan membiasakan diri untuk sarapan. Sebagian orang banyak yang mengabaikan waktu sarapannya dan menganggap sarapan ini sebagai hal yang kurang penting. Apakah Anda juga termasuk orang yang mengabaikan sarapan atau malas sarapan? Lebih baik Anda mulai menghentikan kebiasaan buruk ini. hal ini dikarenakan tubuh memerlukan pasokan energi yang cukup dengan cara makan secara teratur 3 kali dalam sehari. Ternyata waktu makan yang paling tepat saat pagi hari. Sarapan mempunyai peran yang penting untuk mendukung aktifitas harian.

Lantas, mengapa sarapan dapat menunjang gaya hidup yang sehat ini? alasan pertama, sarapan pagi dapat menurunkan resiko terjadinya obesitas. Apakah Anda ingin memiliki tubuh yang langsing? Jika ingin memiliki tubuh yang langsing, jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Sarapan yang teratur dapat menjauhkan diri dari obesitas. Fakta ini sudah di buktikan oleh sejumlah penelitian yang membuktikan jika seseorang yang melewatkan sarapan mempunyai resiko obesitas yang lebih tinggi. hal ini dikarenakan orang yang melewatkan sarapan akan makan lebih banyak saat siang hari, dan akibatnya mereka akan mengkonsumsi lebih banyak kalori, bahkan jumlahnya hingga mencapai 100 kali lebih banyak dibandingkan orang yang rajin sarapan.

Alasan kedua, sarapan sebagai penunjang gaya hidup sehat adalah sarapan dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan bersemangat. Sarapan menjadi waktu makan yang sangat penting dan tidak boleh kita lewatkan. Hal ini disebabkan, tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Anda dapat membandingkan sendiri bagaimana kerja Anda ketika tidak sarapan dan saat sudah sarapan. Pastinya Anda akan lebih bersemangat dan memiliki banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda ketika tidak melewatkan sarapan. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta kaya serat seperti roti gandum dan oatmeal.

Ketiga, menurunkan resiko terkena penyakit yang berbahaya. Rajin sarapan saat pagi hari dapat menjauhkan tubuh Anda dari penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes. Penelitian menunjukkan orang yang malas sarapan cenderung mempunyai kadar gula serta kolesterol yang tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang rajin untuk sarapan. Seperti yang kita tahu bila kolesterol tinggi ini merupakan faktor munculnya penyakit jantung.

Keempat, sarapan dapat menyehatkan kulit Anda. sarapan sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satu menu yang baik untuk kulit adalah telur. Kandungan nutrisi yang berada di telur dapat menjaga elastisitas kulit serta melindungi sel kulit dari radikal bebas. Telur juga bisa membantu untuk melancarkan regenerasi kulit. Mengkonsumsi telur saat pagi hari juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat menurunkan nafsu makan Anda yang tinggi. namun, hindari mengkonsumsi telur secara berlebihan, terlebih dibagian kuningnya, karena kuning telur dapat meningkatkan kadar kolesterol yang tinggi di tubuh. setiap harinya, Anda cukup mengkonsumsi 1 butir telur saja.

Pentingnya sarapan sebagai penunjang gaya hidup sehat yang terakhir ialah sarapan dapat meningkatkan konsentrasi. Sarapan ternyata tidak hanya mendukung berbagai macam aktifitas fisik kita, namun otak juga memerlukan nutrisi sarapan. Pada dasarnya otak juga memerlukan pasokan nutrisi terlebih glukosa agar dapat bekerja dengan optimal, kekurangan pasokan nutrisi ke otak dapat menurunkan kinerja otak sehingga membuat kita sulit melakukan konsentrasi. Walaupun sarapan baik untuk meningkatkan kinerja otak, lebih baik Anda juga menghindari mengkonsumsi kalori tinggi ketika dipagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *