Trik Menjalani Gaya Hidup Sehat Selama Berpuasa

wpid-waktu-tepat-mengajari-anak-berpuasa-305bm3y3nnvv74s6414zyiAhli kesehatan yang ada di seluruh dunia sepakat mengenai pendapat bahwa puasa akan membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Akan tetapi catatan yang wajib diketahui adalah harus menjalani gaya hidup sehat selama menjalankan puasa. Sedikit informasi untuk Anda bahwa menjalani kegiatan berpuasa yang terpenting adalah memperhatikan pola makan. Anda harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan bergizi dan buah segar. Sehingga akan membantu dalam mendapatkan serat makanan masuk ke dalam lambung Kita. Dengan mengkonsumsi makanan berserat yang akan dirasakan adalah kemungkinan akan mendapatkan kemudahan dalam mencerna makanan lebih lama. Untuk itu ada baiknya apabila Anda mengetahui mengenai trik menjalani pola hidup sehat selama berpuasa yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Mulai dengan makanan manis, pada saat berpuasa hendaknya menu berbuka dipilih jenis makanan manis sebagai pembukanya. Tentu saja sebelum dilakukan konsumsi makanan sehat seperti makanan berat lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan manis tentu saja akan mudah dalam mengembalikan adanya energi tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi lebih bertenaga dan pulih dalam stamina yang dimiliki. Salah satu rekomendasi dari makanan manis yang sehat adalah buah korma. Jenis buah ini mengandung serat sehingga dapat mengatur pencernaan menjadi semakin baik. Perlu Anda ketahui bahwa korma mengandung kalium dan magnesium yang baik bagi kesehatan tubuh.
  2. Banyak mengkonsumsi air putih, saat berpuasa terlebih pada siang hari tentu saja yang akan dirasakan adalah panas. Kepanasan tersebut akibat suhu yang ada memasuki musim kemarau. Sehingga akan memberikan kemudahan untuk terkena dehidrasi. Untuk itu upaya pencegahan yang dapat dilakukan selama bulan puasa berlangsung adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Anjuran mengkonsumsinya adalah dua gelas masing-masing pada saat buka, sebelum tidur malam dan saat saur.
  3. Menghindari rasa haus, gaya hidup selama berpuasa tentu saja harus benar dijalani. Sedikit informasi untuk Anda bahwa merasakan haus tentu saja hal yang biasa. Namun tahukah Anda bahwa saat Anda mengalami hal ini tentu saja ada pemicunya. Biasanya pemicu yang sering kali dirasakan adalah mengkonsumsi beberapa makanan ini. Untuk itu hindari makanan ini saat saur antara lain yaitu acar, makanan pedas dan asin. Pastikan bahwa lebih banyak mengkonsumsi buah karena akan membantu dalam meningkatkan rasa nyaman yang dirasakan.
  4. Berbuka dengan perlahan, hendaknya Anda menjalani berbuka dengan cara perlahan. Dengan menjalani berbuka dengan cara demikian akan membantu dalam menyiapkan sistem pencernaan agar lebih siap saat mencerna makanan. Sehingga ada baiknya apabila Anda berbuka mulailah dengan menjalani makanan buah korma, buah segar, air putih dan sup. Berikan jeda dengan shalat magrib apabila Anda ingin langsung makan setelahnya bisa dilakukan. Namun apabila tidak tentu saja dapat dilakukan setelah shalat tarawih. Sehingga sistem pencernaan akan menjadi lebih siap saat menerima makanan dan tidak merasakan sakit.
  5. Konsumsi buah saat sahur dan berbuka, disarankan untuk mengkonsumsi buah terlebih dahulu saat sahur dan berbuka. Dengan demikian Anda akan diberikan kemudahan dalam mendapatkan energi dan makanan lebih lama untuk dicerna. Sehingga akan menghindari untuk terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Sehingga akan membantu dalam memaksimalkan mengenai buah sahur dan saat berbuka akan menghindari terjadinya kemungkinan sakit pencernaan.
  6. Hindari konsumsi kopi, ada baiknya apabila Anda menghindari konsumsi kopi saat menjalani puasa Ramadhan. Hal ini karena apabila mengkonsumsi akan menyebabkan sakit kepala yang dirasakan. Selain itu efek lebih parahnya apabila mengkonsumsi kopi adalah mengantuk saat siang hari. Dengan demikian apabila Anda memiliki pekerjaan pada siang hari. Tentu saja yang akan dirasakan adalah kemungkinan Anda menjadi mengantuk dan menghambat pekerjaan yang dijalani. Pastikan bahwa menjalani gaya hidup sehat saat mengkonsumsi konsumsi kopi dihindari selama Ramadhan berlangsung karena memiliki dampak negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *